Card image cap
  17 Apr 2022
Jeep Meridian Masuki Pasar Mobil Indonesia

DAS Indonesia Motor bersiap menghadirkan Jeep model baru untuk pasar Indonesia. Produk tersebut sudah lebih dulu meluncur di Eropa dan India.

"Bisa kami konfirmasi, produk yang di Eropa disebut Jeep Commander atau di India dinamakan Jeep Meridian merupakan produk yang secepatnya akan masuk Indonesia," terang Dhani Yahya, Chief Operating Officer DAS Indonesia Motor di Jakarta, Kamis (14/4/2022) malam.

Dirinya menyebutkan, Jeep Meridian ini diproduksi di India. Diperkirakan model ini akan masuk pasar otomotif Tanah Air antara 2023 hingga 2024.

"Masih belum ada kepastian kapan akan masuk ke Indonesia, namun dengan sudah diluncurkannya di India tentu memungkinkan bisa lebih cepat masuk ke Indonesia," kata Dhani.

Meridian bisa menjadi penantang kuat SUV 7-seater asal Jepang, seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, ataupun Isuzu mu-X.

Soal dimensi, Meridian memiliki panjang 4.769 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 1.682 mm, dengan wheelbase 2.794 mm.

Sebagai ilustrasi, jika dibandingkan dengan Toyota Fortuner, panjang model ini sedikit lebih pendek, namun lebar bodinya sedikit lebih lebar, dan tingginya sedikit lebih rendah.

Di India, Meridian hadir dalam dua tipe mesin, yakni bensin 1.3 liter berdaya 185 Tk dan torsi 270, serta diesel 2.0 liter yang sanggup menyemburkan daya 170 Tk dengan torsi 380 Nm.

"Tapi sudah confirm untuk pasar Indonesia menggunakan mesin diesel 2.0 liter (penggerak 4x2). Saat ini kami masih melakukan riset maupun mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dari manufaktur seperti diesel requirement di Indonesia seperti apa untuk kebutuhan homologasinya," ujar Dhani.



Perkiraan Harga

Soal varian yang ditawarkan, Dhani belum dapat memastikannya karena hal itu tergantung dengan kebutuhan pasar. "Untuk tipe itu tergantung ya, biasanya satu atau dua varian," ujarnya.

Pun terkait harga, dirinya belum dapat menyebutnya secara rinci. Tetapi dirinya mengisyaratkan jika Jeep Meridian bakal diniagakan dengan banderol lebih tinggi mengingat statusnya sebagai produk dari brand premium.

"Kami harus realistis karena ini (Jeep Meridian) positioning brand-nya sendiri adalah premium tentunya tidak bisa match dengan harga dari Fortuner,"

Namun pihaknya meyakini, jika Jeep Meridian bisa ditawarkan dengan harga 10 persen di atas SUV Jepang, penjualan model baru ini diperkirakan bisa mencapai 1.000 unit.

"Jadi dari total market SUV sekitar 60 ribu unit (per tahun) kami bisa rebut sekitar 2 persenan," tutup Dhani.



sumber: liputan6.com