Card image cap
  2 Oct 2021
Sebelum Membeli Mobil Bekas, Pahami Dulu 3 Hal Penting Ini Biar Nggak Kecewa

GridOto.com - Dewasa ini, mobil menjadi kebutuhan tersier yang banyak dicari oleh beberapa kalangan. Sebagian orang dengan dana terbatas cenderung memilih mobil bekas karena dinilai lebih menguntungkan. Hal ini tidak lain karena harga beli yang jauh lebih terjangkau dibandingkan harus membeli mobil baru. Membeli mobil bekas dengan garansi pun menjadi nilai tambah tersendiri.Nah, kamu bisa mendapatkan kesempatan baik ini dengan membeli mobil bekas melalui OLX Autos dengan jaminan garansi dari Warranty Smart. "Kolaborasi OLX Autos dan Warranty Smart Indonesia tentunya memberikan berbagai keuntungan kepada pembeli mobil bekas," ujar Wan Muhammad Rafie, Managing Director Warranty Smart kepada GridOto.com, Jumat (1/10/2021). Perlu dingat, jika membeli mobil bekas tidak hanya untuk menekan budget semata. Terdapat beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Kewaspadaan ketika memilih mobil bekas pun harus dilakukan, mengingat masih banyak ‘oknum’ yang melakukan beragam cara untuk meraup keuntungan. Alih-alih mendapatkan mobil idaman dengan harga miring, kamu justru harus merogoh kocek lebih dalam untuk melakukan perawatan ataupun melengkapi dokumen atas mobil tersebut. Agar terhindar dari ulah para oknum yang bersikap curang, Rafie memberikan cara terkait hal-hal yang perlu diperhatikan ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas.

"Kami menawarkan pengalaman kepemilikan kendaraan yang menyenangkan, serta tentunya rasa nyaman dan bebas khawatir," kata Rafie.


1. Pastikan Kelengkapan Dokumen Kendaraan Hal mendasar yang harus dicermati ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas adalah kelengkapan dokumen kendaraan. Adapun dokumen kendaraan yang wajib diperhatikan antara lain, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Selain itu kamu juga harus cek keaslian Faktur, serta cek fisik nomor mesin dan rangka mobil di Samsat.

Langkah ini harus dilakukan untuk mengetahui keabsahan serta kesesuaian antara fisik dengan dokumen mobil.

2. Cek Kondisi Fisik Mobil Setelah selesai melakukan pengecekan terhadap kelengkapan dokumen, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik mobil. Pastikan bodi mobil tidak memiliki kerusakan apapun, baik berupa bekas tabrakan, goresan, maupun bagian yang penyok. Bagian bodi mobil yang perlu diperiksa adalah sasis mobil, bagian bawah kap mesin serta bagian bagasi belakang. Hal ini dikarenakan, untuk mengantisipasi adanya kerusakan di bagian-bagian tersebut akibat pemilik sebelumnya jika pernah mengalami tabrakan.

Jika menemukan beberapa kerusakan di bagian tersebut, maka cobalah untuk mempertimbangkan kembali ketika ingin membelinya. Ketika mobil telah mengalami tabrakan, apalagi terdapat benturan besar bisa berpotensi menggeser posisi mesin.

Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa mempengaruhi kualitas mesin mobil yang dipilih. Selain itu, pastikan untuk memeriksa bagian bawah mobil untuk memastikan kondisinya dalam keadaan baik.

Pada mobil yang pernah mengalami insiden di jalan raya, bagian bawah mobil rentan mengalami benturan. Pastikan untuk memeriksa bagian depan dan bagian bawah untuk memastikan tidak adanya masalah pada kondisi mesin.

3. Perhatikan Kesehatan Mesin Memeriksa bagian fisik luar mobil saja tidaklah cukup. Kamu juga harus memastikan kesehatan mesin mobil tetap baik.

Kesehatan mesin acapkali dikelabui oleh para oknum yang ingin meraup keuntungan tinggi. Untuk mengantisipasi hal tersebut, pastikan kondisi mesin mobil benar-benar dalam kondisi baik. Kamu bisa memulai dengan memeriksa adanya kebocoran atau korosi pada mesin. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi oli, aki, serta bagian kelistrikan.

Bagian kelistrikan menjadi salah satu bagian vital yang harus diperhatikan, terlebih untuk mobil bekas. Bagian kelistrikan pada mobil berpotensi mengalami kerusakan, akibat pemilik mobil sebelumnya melakukan modifikasi. Oleh karena itu, jangan pernah melewatkan untuk mengecek kondisi bagian kelistrikan.

"Membeli mobil bekas akan semakin mudah melalui OLX Autos didukung dengan adanya garansi dari Warranty Smart Indonesia," tutup Rafie.Ingat sob, mendapatkan mobil idaman dengan harga miring memanglah menggiurkan. Namun jangan sampai lupa untuk tetap memerhatikan hal-hal penting ketika memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Editor: Muhammad Mavellyno Vedhitya

Sumber - msn.com