Card image cap
  8 Oct 2021
Kenapa Membeli Mobil Bekas Lebih Untung?

Apakah kamu tahu membeli mobil bekas jauh lebih untung daripada beli mobil baru?

Kita seringkali kemakan gengsi untuk mengejar trend terbaru, padahal jika kamu pecinta mobil sesungguhnya, membeli mobil bekas lebih untung! Kenapa membeli mobil bekas lebih untung? Yuk, simak alasannya disini ya!

Hemat

Harga mobil: Harga mobil bekas lebih murah daripada mobil baru. Kamu tidak perlu menabung ratusan juta untuk mendapatkan kendaraan idamanmu. Kamu tidak perlu merasa gengsi. Kalau ada yang murah, ngapain ambil yang mahal?

Harga asuransi: Mobil baru perlu premi asuransi yang lebih mahal daripada membeli mobil bekas.

Harga pajak kendaraan: Kamu akan kena pajak kendaraan jika membeli mobil baru. Kalau kamu belanja mobil bekas, kamu bisa menghindar dari pajak ini! Lumayan kan?

Depresiasi: Sudah tidak biasa lagi bahwa harga kendaraan pasti selalu turun setiap tahun. Keturunan harga kendaraan bisa mencapai 15-25 persen. Kamu beli berapa, jual berapa. Pasti akan terasa kerugian besar saat mau menjual mobilmu. Jika kamu beli mobil bekas, keturunan harga tidak akan terlalu berasa karena harga jual dan beli tidak terlalu jauh. Mengetahui harga jual mobil sangat penting, ya.


Tidak perlu mengurus surat kendaraan

Jika kamu membeli mobil bekas, kamu tidak perlu repot mengurus surat kendaraan, plat mobil atau pajak kendaraan dari pemerintah. Setelah belanja, mobil yang barusan kamu beli siap dipakai. Mengurus surat kendaraan dan lain-lain bisa memakan waktu yang lama sebelum kamu bisa menggunakan mobil barumu, apalagi kalau kendaraan barumu lewat inden dulu. Kalau bisa instan, mengapa harus menunggu?

Harga kaki lima, kualitas bintang 5

Kata siapa kualitas mobil bekas jelek? Sekarang banyak dealer yang menjual mobil bekas yang masih terlihat baru. Mungkin saja mobil bekas yang terjual bukanya yang paling baru atau brand-new banget, tetapi tidak masalah jika kamu tidak peduli soal mengejar trend. Ibaratnya seperti membeli Iphone 6 bekas di era Iphone 10. Jika kamu ingin mencari mobil bekas, carilah mobil yang jarak tempuhnya sedikit.
Menikmati fitur bagus dengan harga murah

Jika kamu memperhatikan dunia smartphone, setiap brand perusahaan smartphone ternama pasti mengeluarkan smartphone baru setiap tahun. Setiap smartphone yang baru launching pasti menawarkan fitur baru, maupun dari kualitas kamera, storage, atau penampilan yang berbeda. Hal yang sama terjadi di dunia permobilan. Setiap tahun, brand ternama pasti mengeluarkan mobil dengan fitur baru.

Tetapi, semua orang memiliki kriteria yang beda-beda. Bisa jadi dia tidak tertarik dengan fitur baru yang ditawarkan. Jika kamu membeli mobil bekas, kamu bisa membeli mobil yang sudah lewat dari trend tetapi fiturnya lebih baru dari mobil yang kamu punya. Jika kamu tidak peduli trend atau merasakan fitur baru secara instan, kamu bisa menunggu beberapa bulan atau tahun untuk menunggu mobil dengan fitur idaman di dealer bekas.

Masih mau beli baru? Walaupun membeli mobil bekas sangat menggiurkan, kamu juga harus perhatikan beberapa hal berikut!

Jangan tergiur harga murah: Jangan sampai kamu ngiler sama mobil yang terlalu murah, ya. Selidiki dulu sebelum membeli. Mobil yang terlalu murah diluar pasar patut dicurigai. Mobil bekas memang lebih murah dari mobil asli, tapi jangan terperangkap sama harga yang sudah tidak masuk akal, ya.

Cek mobil mesin, dalam mobil dan bodi: Cek baguan dashboard, jok, karpet alas kaki, audio dan lampu kabin dengan baik. Pastikan semuanya masih berjalan seperti semula dan ketahuilah kerusakanya bila ada. Cek juga mesin, aki dan AC mobil. Jangan lupa cek bodi mobilnya ya, ada baret atau ngga.

Periksa riwayat service: Kerusakan apa yang pernah dialami dengan mobil ini? Apakah mobil ini diservis secara teratur? Penting sekali untuk meminta buku service mobil pada pemilik asli dan dealernya ya.

Pastikan kamu memilih mobil bekas yang cocok dengan keperluanmu. Sekian tips otomotif dari kami! Terima kasih dan sampai jumpa!


Sumber - kompasiana.com